Berita Baroe :
Home » » Desa Wisata Di Ingin Jaya "Visit Aceh Year 2013"

Desa Wisata Di Ingin Jaya "Visit Aceh Year 2013"

Penulis : Muhammad Multazam on Rabu, 17 Oktober 2012 | 02.08





Desa Lubok Sukon,kec.INGIN JAYA,kab. Aceh Besar Jadi Desa Wisata Aceh

BANDA ACEH - Gampong (desa) Lubok Sukon, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar dijadikan Gampong Wisata Aceh tahun 2013. Peluncuran (launching) Gampong Lubok S
ukon sebagai Desa Wisata Aceh oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jasman J Ma’ruf pada awal bulan Oktober 2012, sebagai ikon Aceh dalam dunia pariwisata.

Gampong Lubok Sukon telah melalui berbagai tahapan seleksi oleh Pemerintah Aceh sehingga ditetapkan sebagai Desa Wisata Aceh guna mendukung peningkatan arus kunjungan wisata ke daerah ini.

Jasman mengatakan, terpilihnya Gampong Lubok Sukon menjadi Desa Wisata Aceh tahun 2013, meliputi empat kriteria dasar yakni Asli, Lokal, Unik dan Indah. Empat kriteria menjadi Desa Wisata Aceh tersebut akan menjadi ikon bagi wisatawan untuk melihat dan merasakan kondisi keunikan asli Aceh. Lubok Sukon akan dijadikan Desa Wisata guna menarik arus kunjungan wisata dari dalam negeri dan mancanegara untuk melihat langsung miniatur berbagai sisi kehidupan Aceh di perkampungan itu.

Kriteria khusus yang dimiliki Gampong Lubok Sukon, katanya, di samping menjaga keaslian adat dan budaya Aceh, katanya, Gampong Lubok Sukon juga memiliki tata letak dan tata ruang yang asli dan masih menjaga bentuk-bentuk tradisi masyarakat Aceh, baik bentuk budaya, rumah (rumoh) maupun lingkungan yang masih alami, termasuk kebiasaan-kebisaaan masyarakatnya.

Di Gampong Lubok Sukon, sebutnya, masih ditemukan bentuk Rumoh Aceh yang asli dan berbagai bentuk makanan khas Aceh sebagai wisata kuliner serta sisi-sisi kehidupan masyarakat yang masih unik, berbagai keindahan dan keunikan yang mencerminkan keaslian budaya dan kebiasaan masyarakat Aceh.

Setelah ditetapkan sebagai desa wisata Aceh, kata Jasman J Ma’ruf, para pelancong (wisatawan) dapat menginap (home stay) di rumah-rumah penduduk dengan menikmati kebiasaan dan kehidupan masyaralat Aceh.

Wisatawan juga dapat berbaur dengan masyarakat, seperti makan bersama dengan menu-menu khas Aceh, menari bersama dan melakukan kebiasaan-kebiasan masyarakat tradisional Aceh seperti Pupok Leumo, Geudeu-geudeu, Tarian Seudati, Saman, Dzikir Maulid, Suluk dan berbagai khasanah budaya Aceh lainnya. “Wisatawan dapat menikmati budaya dan kebiasaan masyarakat Aceh yang unik dan asli di Desa Wisata tersebut,” ujarnya.

Pada hari-hari meugang, kata Jasman, ia mengajurkan kepada masyaralat Lubok Sukon untuk menyediakan makanan khas Aceh yang dapat dicicipi oleh wisatawan secara gratis sebagai sample (contoh) kuliner Aceh, sementara kuliner yang dibeli dapat diperoleh pada tempat-tempat penjualan lainnya.

Launching Visit Aceh Year 2013 akan dipusatkan di Aula Balairung, Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta dilanjutkan dengan Pameran Kerajinan Khas Aceh yang dipusatkan di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Ingin Jaya .